MENYELUSURI NGALAU DI KABUPATEN SIJUNJUNG


Image
Secara geografis letak Kabupaten Sijunjung membujur ke arah timur perdalaman Pulau Sumatera, berada pada hamparan Bukit Barisan dan memungkinkan daerah ini terdapat banyak bukit, lembah, ngarai, ngalau dan puluhan sungai besar dan kecil diantaranya Sungai Batang Hari, Batang Kuantan, Ombilin, Palangki, Batang Sukam dan lain-lain.


Keunggulan komperatif alam Sijunjung menjadikan daerah ini tujuan wisata alam alternatif di Sumatera Barat. Objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan adalah wisata petualangan menelusuri ngalau-ngalau.

Di Kabupaten Sijunjung terdapat banyak ngalau baik ngalau yang bisa digunakan untuk kegiatan wisata maupun ngalau yang diperuntukkan bagi peningkatan perekonomian masyarakat yaitu tempat berkembangnya burung walet seperti Ngalau Lubuk Bulan dan Ngalau Paru.
Luas wilayah Kabupaten Sijunjung 6.091, 53 Ha, sekitar 36,18 % atau 220.375 Ha berupa hutan negara, pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan 65,07 %, perkarangan dan perumahan 3,74 % selebihnya berupa rawa dan sebagainya, merupakan potensi alam Sijunjung yang belum terolah.

Keunggulan lain Kabupaten Sijunjung yaitu wilayah ini dilalui Jalan Lintas Sumatera sepanjang 144 km menuju daerah tetangga seperti Propinsi Riau serta menuju Padang sebagai Ibu Kota Propinsi Sumatera Barat.
Kawasan objek wisata ngalau yang baik untuk diselusuri dan bersedia tenaga pemandu di masing-masing ngalau diantarnya seperti:

NGALAU LOGUANG

Image
Penyelusuran ngalau yang mengasyikkan, mendebarkan dan menegangkan dimana terowongan Ngalau Loguang sepanjang 7 km yang mempunyai jalur lintasan datar, melereng dan mengarungi air membutuhkan perhatian dan keahlian. Penyelusuran terasa lebih nyaman karena di dalam ngalau udara bebas masuk melalui celah-celah dinding ngalau disamping adanya aliran sungai kecil yang berair bening dan bersih,
batu stalagtit dan stalagnit yang berwarna kunig keemasan utmbuh dan bergantungan dengan bebas, terdapatnya lapangan luas yang dapat digunakan untuk beristirahat serta relief-relief ngalau yang indah dan menawan yang sepertinya memendam cerita lama keberadaan ngalau ini.
Penyelusuran berakhir dengan adanya dua buah kolam air panas yang tidak jauh dari lokasi dan kolam air dingain yang berada di pintu ngalau yang dapat digunakan untuk bersih-bersih.


NGALAU CIGAK DAN PALUKAHAN
Image
Gugusan batu karang yang panjang seluruhnya lebih kurang 6 km yang membentuk celah terowongan kedalaman 5 m sampai 25 m baik yang berbentuk terowongan maupun dalam bentuk sumur membuat petualangan menyisir ngalau bertambah enak dan menggairahkan dengan didukung panorama alam nan indah dan ngalau-ngalau dibelah oleh Sungai Batang Kuantan yang mengalir ke Propinsi Riau.

NGALAU SISAWAH
Dari petualangan menyelusuri Ngalau Cigak dan Palukahan perjalanan dapat kita teruskan ke Ngalau Sisawah yang jaraknya perjalanan lebih kurang 12 km hiking, di Kenagarian Sisawah ini terdapat 10 buah nglau yang tersusun dengan indahnya maka daerah ini juga dikenal dengan sebutan Nagari Seribu Ngalau dan pesona serta keunggulan aksesori ngalau yang menawan, bak kata orang bila belum ke Sisawah belum lengkap perjalanan menyelusuri ngalau di Sumatera Barat.

NGALAU PANDAM
Lokasi ngalau yang strategis tidak berapa jauh dari jalan lintas Sumatera di Kenagarian Pandam Kecamatan Tanjung Gadang, yang mempunyai panorama nan indah dan tingkat kelembaban udara rendah/sedang menambah semangat petualangan menyelusuri nglau di samping rintangan masih alami sepanjang lebih kurang 12 km. Dan diakhiri mandi-mandi di Lubuk Air Terjun Pandam Indah.

NGALAU BUKIK PONGGANG
Penyelusuran ngalau yang melelahkan karena lokasi tidak berapa jauh dari pintu gerbang Sijunjung di Kampung Baru Kecamatan Kupitan. Ngalau terletak pada daerah ketinggian dengan panorama alam nan indah, ngarai dan lembah, mengalirnya sungai kecil menambah sejuknya udara sekitarnya.

NGALAU MISTERIUS PEMATANG PANJANG
Kegiatan wisata menyelusuri ngalau yang telah berkembang secara alami yang terdiri dari beberapa gugusan batu karang yang memiliki keunikan tersendiri sepanjang 8 km, berlokasi di Kenagarian Pematang Panjang Kecamatan Sijunjung, 2 km dari jalan lintas sumatera.


sumber : site SWL/SJJ

1 Comment:

  1. Anonim said...
    I would like to exchange links with your site sumbar-adjah.blogspot.com
    Is this possible?

Post a Comment